10 Album Favorit Tahun 2016

10:32 AM



Ingin membagikan pengalaman saya tentang rilisan musik favorit tahun 2016 lalu, terlalu banyak album-album yang menjadi kesukaan saya tahun 2016. Dari musisi internasional sampai musisi lokal. 

Ini adalah 10 album favorit saya selama 2016. 

  1. Joanne — Lady Gaga 
Mustahil sekali kalau saya sampai gak suka dengan gaya bermusik Mak Gaga di album ini, musik-lirik-vokal di album ini benar-benar dibuat pas dan matang. Dari nuansa Pop-Rock seperti lagu Diamond Heart, nuansa lagu Rock yang berubah jadi Elektronik di musik Perfect Illusion, nuansa funky dilagu AYO, nuansa akustik di lagu Joanne dan Grigio Girls, nuansa Jazz di lagu Hey Girl, nuansa musik country seperti lagu Million Reasons atau Sinner’s Prayer, nuansa Dance di lagu Dancin’ In The Circles, dan musik ballad dengan nuansa gelap dan lirik yang menyentuh seperti lagu Angels Down. Dibandingkan dengan album sebelumnya, Mak Gaga menunjukkan kualitas vokal dan bermusiknya di album ini, ini album yang cukup fun untuk didengarkan, dan semua lagu di album ini sangat bisa dinikmati, 

album ini benar-benar satu paket komplit untuk menutup tahun 2016.”



2. This Is Acting — Sia 
Kalau tadi penutup yang komplit di awal tahun 2016, ini adalah pembuka yang kece ditahun 2016. Musik-musik dan ciri khas Tante Sia disini makin ditunjukkan, lagu-lagu dan cengkok nada di album ini membuat album ini benar-benar terasa Sia sekali, walaupun album ini adalah lagu-lagu buangan yang ditolak para penyanyi-penyanyi seperti Rihanna, Beyoncé, Shakira, dll. Hampir semua lagu di album ini adalah favorit saya, lagu penyemangat seperti Alive, Unstoppable, One Million Bullets, dan Bird Set Free jadi pentolan di album ini, dan musik-musik dansa seperti Cheap Thrills dan Move Your Body juga semakin membuat album ini ramai dan tidak membosankan. 
“album ini sama sekali tidak membosankan untuk didengarkan.”



3. Monokrom — Tulus 
Album ini benar-benar membawa saya bernostalgia, beberapa lagu disini punya gaya story-telling seperti lagu Mahakarya dan Monokrom. Juga ada lagu-lagu yang membuat kita semakin termotivasi seperti lagu Manusia Kuat dan Lekas, album ini benar-benar memiliki lagu-lagu dengan cara penulisan yang unik dengan nada-nada yang sama sekali tidak membuat telinga dan otak jadi berat untuk mendengarkan sealbum. Apalagi dengan lagu Ruang Sendiri dan Pamit, yang punya lirik ‘nusuk’ sekali, 
“ini album dengan penulisan lirik berbahasa Indonesia terbaik tahun ini!”



4. And So It Begins — Eva Celia 
Ini album yang benar-benar sempurna. Album ini punya rasa musik santai dengan suara vokal Mbak Eva yang bikin kita kayak melayang, dengan suara backing vocal yang menambah rasa musik-musik Jazz setengah R&B di album ini. Album ini benar-benar tidak mengecewakan, komposisi musik dan vokal yang menyatu. Walaupun dirilis dipenghujung tahun, tapi album ini menunjukkan kualitasnya. Album ini harus dinobatkan sebagai produksi album terbaik Indonesia. Saya jatuh cinta dengan semua elemen di album ini.
“Saya jatuh cinta dengan semua elemen di album ini.” 




5. A Seat at The Table — Solange 
Saya suka sekali dengan musik-musik di album ini, R&B-nya kental sekali, suara serak-serak basah Nyonya Solange yang bernyanyi dengan ketukan-ketukan ‘sangar’. Interlude-interlude di album ini seperti memberi jeda dan ‘menceritakan cerita nyata’, ya memang nyata juga sih di interlude ‘Tina Taught Me’ yang bilang kalau kita harus saling menghargai di perbedaan ras. Ini album yang bercerita, sedikit memberikan cermin sosial dan album ini seperti versi slow dari album kakaknya, Lemonade
Album ini bener-bener seger deh!”





6. Chapters — Yuna 
Ini album R&B dengan sedikit sentuhan elektronik yang hampir serupa tapi tak sama dengan album Nyonya Solange. Album ini punya dunianya sendiri, kita akan diajak membayangkan dari sudut pandang si penyanyi, nada vokal dan backing vokal di album ini benar-benar akan membuat kita ‘terbawa’ arus lagu sampai habis. Simple and epic! Cik Yuna benar-benar total di album ini. 
“Simple and Epic!”





7. 25 — Adele 
Walaupun sebenarnya dirilis tahun 2015, tapi album ini benar-benar tersedia secara streaming ditahun 2016, jadi boleh lah masuk daftar favorit tahun 2016. Album ini sebenernya punya lagu-lagu yang tidak terlalu ballad, lagu-lagu seperti I Miss You, River Lea, dan Water Under The Bridge jadi lagu favorit saya waktu pertama dengar album ini secara ‘penuh’, tapi menurut saya album ini punya lagu yang lebih enak daripada singlenya, salah satunya lagu ‘All I Ask’ yang sama sekali bukan single di album ini, ada juga lagu Love In The Dark, Million Years Ago, dan Remedy yang benar-benar membuat album ini jadi semakin sempurna. Sekali lagi, ini album dengan musik-musik yang bikin pendengar jadi ‘mengalir’, ini mungkin album dengan lagu-lagu yang tidak akan habis dimakan waktu, timeless songs. Ini terlalu epik. 
“Ini Terlalu Epik!”





8. Dangerous Woman — Ariana Grande 
Lagu Moonlight di album ini menjadi pembuka yang pas, entah kenapa, saya lebih suka Tante Ari di album ini daripada album-album sebelumnya. Musik bernuansa dark yang kece dialbum ini seperti dilagu Dangerous Woman dan Leave Me Lonely, dan musik beraliran Ska/Reagge, seperti di lagu Side to Side, yang sama sekali tidak membuat album ini jadi seperti ‘buangan lagu’, malah menurut saya album ini adalah album terbaik Tante Ari selama berkarir. Ini album yang mudah sekali didengar, dan dinikmati. Dimanapun. 
“Album yang mudah sekali didengar, dan dinikmati. Dimanapun.”





9. All My Demons Greeting Me As A Friend — AURORA 
Iya, judulnya panjang. Tapi, album ini adalah salah satu album terfavorit saya selama tahun 2016. Album ini sebenarnya lebih menunjukkan vokal Dek Aurora yang melengking dan nge-Dreamy. Vokal-vokal di album ini seperti gabungan vokal Lana Del Rey dan Björk, tapi lebih berwarna dan punya power. Lagu-lagu favorit saya di album ini: Murder Song (Acoustic), Runaway, dan Wisdom Cries. Suasana dark-nya kental sekali, tapi album ini punya sense lain, yang bisa buat kita jadi sangat menikmati alunan musik waktu sendirian dikamar. Saya janji, album ini sama sekali tidak akan membuat suasana kamar kalian jadi berantakan, ini album paling tenang di tahun ini. 
“Album paling tenang di tahun ini.”






10. Thank You — Meghan Trainor 
Bukan album favorit terakhir saya di tahun 2016, tapi album ini benar-benar layak ditempatkan di 10 besar album favorit saya. Banyak yang bilang album ini gak sebagus album Budhe Meghan sebelumnya, tapi kok saya merasa lain ya? Lagu-lagu seperti Hopeless Romantic, Kindly Calm Me Down, Just a Friend to You, Dance Like Yo Daddy, dan Mom, malah lebih mentereng dan gila kerennya daripada single-singlenya, album ini sebenernya punya lagu-lagu yang punya musik terbungkus rapi, dan sebenernya semua lagu di album ini punya kekuatannya sendiri-sendiri. Susah dijelaskan, tapi album ini punya sisi lain Budhe Meghan dari album debutnya, ada rasa gelapnya tapi gelapnya itu gak segelap album Dek Aurora, tapi lebih gelap yang fun. Album ini punya musik yang enteng tapi kece, vokal dan komposisi musiknya, menurut saya loh ya. 

“Album enteng tapi kece.”



You Might Also Like

0 komentar

Facebook

Instagram